-->

5 Aplikasi Pencari Selain Google


Haba Donya - Google merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan produk Internet, meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Google menjadi salah satu perusahaan yang memberikan layanan berupa percarian di internet.

Perlu Anda ketahui, saat ini terdapat beragam jenis mesin pencari selain Google. Namun karena Google adalah mesin pencari paling populer, maka sebagian besar orang lebih memilih untuk menggunakannya. 

Meski sangat membantu dalam mendapatkan informasi, sayangnya beberapa pengguna kerap terganggu dengan fitur personalisasi Google karena memungkinkan data pribadi bisa terlacak oleh mesin pencari tersebut. 

Ternyata memang benar adanya mesin pencari selain google. Untuk anda yang memprioritaskan privasi saat berselancar di internet, nyatanya tersedia beberapa platform mesin pencari selain Google yang menghargai privasi, dan menawarkan browsing tanpa perekaman data pengguna.

Berikut kami sajikan beberapa daftar mesin pencari yang bisa Anda pakai selain google.

1. DuckDuckGo


DuckDuckGo merupakan mesin pencari privat yang mampu mengumpulkan beragam hasil lebih dari 400 sumber, termasuk Yahoo, Bing, dan Wikipedia. Jika Anda adalah orang yang memprioritaskan privasi, maka mesin pencari ini sesuai untuk Anda.

Tidak seperti Google, DuckDuckGo ini tidak akan men-tracking aktivitas pencarian Anda. DuckDuckGo tidak akan menggunakan cookies dan mengumpulkan informasi pribadi dari penggunanya.

2. Yandex


Yandex adalah mesin pencari selain Google yang dikembangkan dan dimiliki oleh perusahaan Rusia. Pada awalnya Yandex menggunakan bahasa Rusia dan dapat diakses melalui yandex.ru, namun saat ini mesin pencari ini sudah semakin berkembang dan memiliki versi bahasa Inggris di yandex.com.

Bila kamu ingin mencari mesin yang memiliki fitur hampir sama dengan Google, Yandex ini bisa jadi pilihan. Lantaran browser ini menawarkan fitur yang sama mulai dari peta, penerjemah, penyimpanan cloud, surat elektronik, analitik, aplikasi seluler dan tentunya mesin pencarian.

Tampilan Yandex juga rapi bahkan lebih bersih dari Google, hanya saja mungkin hasil pencarian akan lebih banyak untuk negara Rusia, Belarus, Turki, Ukraina dan Kazakhstan.

3. Info.com


Info.com atau InfoSpace merupakan mesin pencari selain Google yang dibentuk oleh co-founder Microsoft yaitu Paul Allen. Mesin pencari ini diluncurkan pada tanggal 18 Oktober 2004 dan diperkirakan sudah memiliki lebih dari 13,5 juta pengunjung unik setiap bulan. Mesin pencari ini memiliki search plugins untuk Google Chrome, Internet Explorer, dan Firefox.

4. Qwant


Mesin pencari selain Google yang selanjutnya adalah Qwant. Qwant dirancang dan dibangun dengan dua pilar mendasar yaitu melindungi privsi pengguna dan tidak mengumpulkan data pribadi pengguna. Mesin pencari ini juga akan mengindeks website tanpa diskriminasi atau dengan kata lain tidak ada situs website yang diprioritaskan untuk muncul pada hasil pencarian. 

Tidak seperti Google, Qwant adalah mesin pencari bebas cookies. Oleh karenanya, mesin pencari ini tidak menyimpan riwayat penelusuran Anda.

5. StartPage


Mesin pencari ini selalu berkeyakinan bahwa data pribadi pengguna sudah seharunya disimpan sendiri, tidak disimpan dalam Big Data. Sehingga StartPage akan menjamin bahwa mereka tidak akan mengambil data yang diberikan di mesin pencarian mereka. Ternyata, StartPage membeli fitur pencarian yang dimiliki oleh Google dan juga meggunakan fasilitas tersebut yang digunakan untuk meghilangkan personalized ads yang biasanya digunakan oleh Google. Hasilnya adalah StartPage sebagai salah satu mesin pencari yang begitu mengedepankan pengguna agar selalu melakukan pencarian tanpa harus takut terdeteksi.

Demikian 5 Aplikasi Pencari Selain Google yang bisa Anda pakai untuk berbagai kebutuhan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Salam Sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel