-->

5 Tips Ampuh Kerja Di Luar Negeri


Haba Donya - Tips-tips ini penting untuk diikuti untuk kamu yang ingin kerja di luar negeri. Jangan sampai menyesal setelah bekerja di perusahaan asing!

Pilihan dan lahan pekerjaan tidak dibatasi dengan perbatasan negara. Bekerja di luar negeri tanpa di ragukan lagi dapat memperkaya pengalaman dan pengetahuan kamu.

Banyak sekali orang Indonesia yang memilih berkarir di negara asing untuk menggapai cita-cita mereka dan kembali pulang dengan kisah sukses mereka.

Tapi, sebelum kamu mengemas kopermu, pelajari dulu 5 tips kerja di luar negeri satu ini biar kamu juga bisa sama-sama sukses dan bebas dari kendala!

1. Kenali Negara Tujuan

Saat kamu bekerja di luar negeri, otomatis kamu akan tinggal bersama orang asing dengan latar belakang yang berbeda, terutama di negeri dengan seribu budaya seperti Amerika Serikat.

Pelajari budaya-budaya tersebut agar kamu tidak mengalami culture shock yang disebabkan oleh perubahan budaya dan latar belakang yang sangat berbanding terbalik.

Lakukan juga riset terhadap kota dan bangunan yang hendak kamu huni.

Misalnya seberapa jauh jarak antara tempat tinggalmu ke stasiun kereta, kemudahan komunikasi, supermarket terdekat, hingga cuaca beserta musim-musimnya.

Selain tempat tinggal dan lingkungan, kamu juga perlu melalukan riset terhadap perusahaan tujuanmu.

Memperkaya wawasanmu tentang perusahaan tujuan akan menambah nilai wawancara kelak, juga dapat membantumu menilai perusahaan lebih jauh.

2. Persiapan Wawancara

Saat kamu melamar kerja ke luar nergi, perusahaan tujuan tidak akan langsung menentukan hari wawancara face-to-face.

Normalnya, tahap pertama yang harus kamu lalui adalah wawancara melalui Skype.

Wawancara melalui Skype sebenarnya tidak jauh berbeda dengan wawancara face-to-face yang pernah (atau sering) kamu lalui.

Hanya saja, wawancara melalui video call ini akan terkesan lebih rumit karena:

Bahasa yang digunakan berbeda

Kemungkinan tidak lancar karena koneksi terputus

Pertanyaan yang lebih mendalam tentang pengalaman diri sendiri

Waktu wawancara yang bisa berlangsung saat malam hari karena perbedaan waktu

Dari point-point di atas, sudah sangat pantas jika kamu mempelajari bahasa yang dipakai perusahaan tujuan secara fasih agar semua pertanyaan terjawab dengan benar.

Wawasan kamu tentang perusahaan tujuan juga bisa kamu pakai disini.

Tunjukan percaya dirimu, perusahaan asing cenderung lebih tertarik pada individual yang menarik, bertalenta, dan mau terus belajar dibandingkan dengan individual pintar yang tidak bisa berkembang.

3. Cek Legalitas Lembaga Perantara

Apabila kamu menggunakan jasa penyalur tenaga kerja ke luar negeri, pastikan lembaga tersebut sudah resmi dan tidak abal-abal.

Jasa penyalur tenaga kerja ini akan menjadi perantara kamu dan perusahan yang membutuhkan banyak karyawan di luar negeri.

Kamu harus bisa selektif, karena jaman sekarang sudah banyak penipuan dengan modus penyaluran tenaga kerja yang merampok jutaan rupiah dari pelamar kerja.

Pastikan validitas mereka sudah terbukti dan berpengalaman.

Apabila kamu masih ragu, kamu bisa bertanya kepada teman-teman yang sudah kerja di luar negeri tentang memilih jasa penyaluran tenaga kerja yang valid.

4. Persiapkan Dokumen dan Keperluan Kerja di Luar Negeri

Sebagai tenaga kerja Indonesia yang hendak pergi berkarir di luar negeri, kamu tidak bisa seenaknya langsung pergi tanpa mengurus dokumen-dokumen wajib.

Dokumen-dokumen ini akan membantu dan mempermudah kamu dalam proses pendaftaran, jalur hukum, perlindungan, dan masih banyak lagi.

Dikutip dari hukumonline.com, fasilitas para pekerja tenaga Indonesia yang bekerja di luar negeri diatur oleh Pasal 21 UU PPMI.

Pasal tersebut berbunyi:

“Fasilitasi pemenuhan hak pekerja migran indonesia; fasilitasi penyelesaian kasus ketenagakerjaan; pendampingan, mediasi, advokasi, dan pemberian bantuan hukum berupa fasilitasi jasa advokat oleh Pemerintah Pusat dan/atau Perwakilan Republik Indonesia serta perwalian sesuai dengan hukum negara setempat.”

Kurangnya dokumen-dokumen wajib di atas akan membahayakan kamu sebagai pelamar kerja, tetapi juga keselamatan kamu sebagai perantau asing.

Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa cek website Kedutaan Besar Republik Indonesia.

5. Jaga Kesehatan

Tips terakhir untuk sukses kerja di luar negeri adalah menjaga kondisi kesehatan kita.

Untuk menggapai cita-cita dan karir impianmu, kamu membutuhkan komitmen 100% , dan untuk memenuhi komitmen tersebut, kamu perlu didukung oleh kondisi kesehatan yang sempurna.

Kesehatan juga merupakan faktor utama yang mendukung performa kerja kita.

Dengan badan yang fit, kamu akan siap menghadapi segala macam proses dan tes yang dibutuhkan dengan serius tanpa terdistraki.

Terlebih lagi, kamu akan berada di negara asing, jauh dari sanak keluarga dan teman yang biasanya selalu ada untukmu setiap saat.

Kamu harus bisa mandiri dalam menjaga kesehatan diri sendiri, jangan sampai merasa kerepotan dan mengganggu kesuksesan kinerja kerja anda saat di luar negeri. (www.99.co)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel